Cara Cepat Bermain Gitar

Cara Cepat Belajar Gitar - Gitar adalah alat musik yang paling banyak dimainkan oleh musisi di seluruh belahan dunia. Bermain gitar sangatlah mengasyikkan , Karena selain bisa menghibur diri sendiri gitar juga bisa menghibur banyak orang dan sekaligus menginspirasi orang lain dengan membawakan lagu yang kita ciptakan sendiri.
Bermain gitar sebetulnya sangatlah mudah jika anda mempunyai kemauan dan semangat pantang menyerah untuk mempelajarinya.
Kali ini saya akan mengulas tentang cara cepat bermain gitar atau bermain gitar untuk pemula. Disini kita akan mempelajari cara cepat bermain gitar atau bisa dibilang cara instan karena setelah anda membaca artikel ini sekali diharapkan anda sudah bisa bermain gitar walaupun baru pertama kali.

1. Gitar
Cara Cepat Bermain Gitar
Photo By Google Image


Hal pertama yang harus anda persiapkan adalah gitar itu sendiri, Karena tidak mungkin anda belajar bermain gitar tanpa memegang gitar. Jika sampai sekarang anda masih hanya membaca artikel ini tanpa gitar , Maka lebih baik anda tidak melanjutkan tutorial ini.
Ambil gitar anda dan pastikan gitar dalam kondisi siap pakai. Jika anda tidak mempunyai gitar anda bisa meminjam pada orang lain.
2. Tuning Gitar

Cara Cepat Bermain Gitar
Photo By Google Image


Syarat kedua adalah anda harus menyetem gitar anda. Karena tidak mungkin anda belajar gitar sedangkan gitar anda masih kacau dan belum di stem/tuning. Cara menyetem gitar sangatlah mudah anda bisa memakai aplikasi smartphone , Komputer atau tunner digital. Alternatif lain adalah dengan menyetem gitar menggunakan piano/suling atau harmonika.
Gunakan jenis tuning standar , Caranya sesuaikan semua senar di gitar sebagai berikut :
- Senar satu (paling bawah) putar sampai berbunyi nada E atau Mi/3 (gunakan harmonika/piano/suling)
- Senar dua bernada B atau Si/7 (atau samakan dengan senar satu kolom ke-7)
- Senar tiga bernada G atau sol/5 (atau samakan dengan senar 1 kolom 3)
- Senar empat bernada D atau Re/2 (atau samakan dengan senar 2 kolom 3)
- Senar lima bernada A atau La/6 (atau samakan dengan senar 3 kolom 2)
- Senar enam bernada E atau Mi/3 (atau samakan dengan senar 4 kolom 2)
Baca : 4 Alternatif Lain Menyetem Gitar Dengan Cepat , Cara Menyetem Gitar Dengan Menyamakan Suara
3. Belajar Kunci Dasar Gitar
Jika gitar anda suda di stem dengan benar kini saatnya kebagian inti yaitu belajar kunci gitar . Disini kita akan belajar kunci dasarnya saja, Karena jika anda harus belajar semua kunci gitar maka waktu anda tidak akan cukup karena berjumlah ratusan kunci. Pelajari dulu kunci gitar dasar, Karena kunci ini adalah kunci yang sering dimainkan , Khususnya pada lagu - lagu pop indonesia.
Dibawah ini gambar panduan kunci gitar dasar . Silahkan praktekan kunci dibawah ini satu - persatu dan ulangi sampai anda hafal betul semua kunci dasarnya.

Cara Cepat Bermain Gitar
Klik Gambar Untuk Memperbesar

4. Memetik Senar Gitar
Teknik petikan gitar dengan menggunakan jari atau genjrengan dengan menggunakan pick wajib dikuasai pada tingkat pemula ini. Untuk awal sebaiknya gunakan genjrengan terlebih dahulu. Bentuk chord gitar dengan menggunakan tangan kiri anda setelah itu genjreng senar dengan mantap dan tidak ragu - ragu. Pelajari beberapa variasi genjrengan supaya semakin mahir.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini , Kurang lebihnya mohon dimaklumi,, karena kita sama - sama belajar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar