Cara Menghafal Semua Chord Dengan Cepat

Cara Bermain Gitar Untuk Pemula - Menghafal chord - chord pada gitar adalah hal utama yang memungkinkan mereka untuk memainkan lagu lagu populer bahkan mulai menulis lagu sendiri.Dalam artikel ini kita akan melihat sebuah metode sederhana yang dapat kalian gunakan untuk menghafal banyak kunci gitar dalam waktu sesingkat mungkin bagi pemula yang sedang belajar cara bermain gitar, Pada artikel sebelumnya saya membagikan tentang cara belajar gitar tingkat dasar
Cara Menghafal Semua Chord Dengan Cepat
Metode cara bermain gitar ini akan saya bagi menjadi tiga bagian untuk membantu kita mempelajari chord dalam tiga cara yang berbeda. Dengan memisahkan proses menjadi tiga bagian, Maka kita benar benar bisa fokus pada setiap bagian tersebut dan akan lebih mudah daripada untuk belajar semuanya sekaligus. Untuk bisa dengan mudah menguasai cara bermain gitar menghafal chord gitar ini, Luangkan waktu 10 menit setiap hari untuk berlatih cara bermain gitar ini.
Cara Bermain Gitar :
Langkah 1 : Nama Chord (Selama Tiga Menit)
Tujuan dari langkah pertama adalah untuk membantu kita menghafal nama nama chord dan bentuknya. Sehingga jika sebuah lagu menggunakan chord misalnya A , Maka otak kita akan dapat langsung mengingat nama nama dan mencocokkannya dengan bentuk chord tersebut. 

Cara Menghafal Semua Chord Dengan Cepat
Untuk langkah cara bermain gitar pertama ini dapat kita lakukan dengan melihat sebuah chord (nama dan bentuknya) Selama beberapa detik dan kemudian simpan dalam memori otak kita.
Setelah itu, Kita perlu fokus pada bagaimana bentuk chord tersebut, lakukan cara tersebut pada chord lainnya selama 4-5 menit. Dengan cara bermain gitar ini , Secara alami akan mempercepat otak kita menghafal semua chord. Cara ini mungkin tidak perlu menggunakan sebuah gitar sehingga bisa kita lakukan dimanapun kita berada ketika kita membawa sebuah diagram atau gambar chord.
Langkah 2 : Posisi Chord (Selama 3 menit)
Tujuan dari langkah cara bermain gitar kedua ini adalah untuk membantu jari jari kita menghafal posisi chord pada fretboard. Jangan buru buru ketika mencoba untuk berlatih semua chord.
Pastikan semuanya dilakukan dengan sempurna sehingga hasilnya akan lebih maksimal. 


Cara Menghafal Semua Chord Dengan Cepat
Untuk cara bermain gitar kedua ini membutuhkan sebuah gitar nyata sehingga bisa kita siapkan terlebih dahulu. Setelah kita menyelesaikan langkah pertama maka kita akan melakukan langkah ini , Kita perlu menempatkan jari jari kita pada posisi chord yang tadi sudah kita hafalkan pada langkah pertama. Jika masih susah dan banyak yang tidak ingat bentuk dan posisinya, Jangan khawatir karena kita bisa melanjutkan ke chord berikutnya . Jika kita melatihnya setiap hari, Secara otomatis kita akan menghafalnya.
Memang jika kita baru belajar cara bermain gitar , Akan susah untuk melakukannya. Namun tidak masalah , Karena ini adalah proses untuk membuat kemajuan tentang bermain gitar pada diri kita.
Langkah ini membutuhkan banyak waktu sehingga kita harus bersabar dan tidak tergesa gesa.
Jika kita terus giat berlatih rutin setiap hari , Maka kita akan cepat mencapainya dengan mudah.
Langkah Ketiga : Mengubah Posisi Chord (Selama 4 menit)
Tujuan langkah cara bermain gitar yang terakhir ini adalah membantu kita belajar untuk mengubah antar chord gitar. Harap dicatat bahwa langkah ini juga sedikit lebih sulit di bandingkan dengan dua langkah sebelumnya bagi yang baru bermain gitar. 


Kunci gitar A7
A7

Setelah menyelesaikan langkah cara bermain gitar 2 , Maka kita bisa melanjutkan ke langkah 3 ini. Kita bisa mulai dengan urutan chord yang sudah kita pelajari sebelumnya, Mungkin memulainya dari chord A. Setelah itu , Kita bisa mulai memetik ataupun melakukan strumming , Kemudian ubah ke chord selanjutnya misalnya Am dan seterusnya, Kunci Gitar Dasar Lengkap
Sekali lagi, Jika kita baru mulai belajar cara bermain gitar, mungkin langkah ini bisa kita lewati terlebih dahulu sampai kita sudah lancar menekan senar dengan baik. Kita bisa berlatih langkah 1 dan langkah 2 terlebih dahulu, Kemudian kita bisa melanjutkan ke tahap ke 3 setelah kita siap.
Penting Untuk Di Ingat :Mungkin kita merasa bahwa 10 menit tidak cukup waktu untuk berlatih metode cara bermain gitar ini dan kita mungkin ingin menambah porsi waktunya. Namun , Cobalah untuk tidak keinginan melakukan sesi latihan yang panjang dalam satu waktu. Dengan kata lain tidak berlatih metode cara bermain gitar ini selama lebih 15 menit dalam satu kali latihan. Ini bertujuan membuat anda terdesak untuk mempelajari semua chord dalam 10 menit. Alternatifnya , Jika kita merasa kurang maka kita bisa beristirahat terlebih dahulu misalnya 1 jam dan mengulangi latihan ini lagi selama 10 menit.
Hal tersebut sangat penting untuk membagi praktek cara bermain gitar menjadi sesi yang sangat singkat daripada menghabiskan banyak waktu namun hanya di lakukan sekali saja. Dengan sesi latihan yang sangat singkat namun kita lebih sering melakukannya, Ini lebih memberikan waktu otak kita untuk berfikir tentang apa yang telah kita lakukan. Menghafal chord , Nama , Bentuk dan posisi jari. Oleh karena itu , Ubah pikiran kita untuk berlatih gitar dalam waktu yang lama namun sekali saja. Lebih baik berlatih dalam waktu yang singkat namun sering melakukannya.
Sekian tentang cara bermain gitar metode menghafal chord , Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar